Selasa, 21 Juni 2011

Saksi Tua Sejarah Kota Ambon

Benteng Victoria
 
Benten Victoia (Foto: www.irwantoshut.com)
Dengan kekayaan alam dan pesona bahari yang dimiliki, Kota Ambon menjadi daerah perebutan antara bangsa Portugis, Inggris dan Belanda pada abad ke 16. Pada mulanya Bangsa Portugis lebih dulu datang dan menguasai Pulau Ambon, tepatnya di daerah pantai Honipopu, Nagari Soya.

Ketika itu Pangeran dari negri Soya menerima dan memperlakukannya selayaknya tamu, tak lama setelah itu, salah satu panglima Portugis mengajukan permintaan kepada Raja Soya. Yaitu meminta sebidang tanah yang luasnya hanya satu lembar kulit sapi.

Lalu permintaan tersebut dikabulkan oleh Pangeran Soya, karena mereka dianggap tamu dan kedatangannya dengan alasan untuk membeli rempah-rempah. Ironisnya Panglima tersebut berniat lain, dirinya memotong kulit sapi mejadi bagian kecil-kecil. Lalu potongan tersebut disebarkan disepanjang bibir pantai Honipopu yang kemudian dijadikan benteng pertahanan Portugis sekitat tahun 1575 dengan nama 'Nossa Senhora da Anunciada'.

Namun seiring dengan perebutan wilayah antara Portugis dan Belanda, terjadi pertempuran antara kedua belahj pihak. Dengan terpaksa Portugis menyerahkan benteng tersebut kepada Belanda karena kalah persenjataan. Kemudian benteng tersebut berubah nama menjadi ‘Victoria’ yang artinya kemenangan.

Letak Benteng Victoria sendiri berada di Teluk Laha, tepatnya di jalan Slamet Riyadi dan tidak jauh dari Bandara Internasional Pattimura. Untuk mencapai kesana hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit jika menggunakan kendaraan umum.

Namun benteng yang menjadi saksi sejaah terbentuknya Kota Ambon ini sudah beralih fungsi menjadi markas besar TNI AD, tidak sedikit wisatawan yang berkunjung kecewa. Karena tidak leluasa menikmati arsitektu bangunannya, selain itu pengunjung juga tidak boleh berlama-lama dan harus melewati prosedur yang cukup rumit. 

Tidak sedikit wisatawan yang datang berkunjung merasa kecewa, karena tidak bisa menikmati sejarah perjalanan Kota Ambon yang sangat panjang. Bahkan nilai historis yang terkandung didalamnya tidak ada yang tahu. tentunya kekhawatiran terhadap kondisi Benteng Victoria ini menjadi pekerjaan rumah bagi dinas pariwisata dan dinas kebudayaan. Guna anak bangsa bisa menghargai sejarah dan menambah kecintaannya terhadap bangsa.

1 komentar:

  1. YUK JOIN DAN MAINANKAN DOMINO&POKER ONLINE
    BERSAMA www.Zoya99.com SEKARANG JUGA
    RAIH JUTAAN RUPIAH SELAMA BERMAIN DISINI
    DAN DAPATKAN BONUS" YANG SUPER EXTRA
    * BONUS ROLINGAN
    * BONUS REFERALL
    RASAKAN PELAYANAN CS" YANG SANGAT BERPENGALAMAN
    DENGAN MODAL DEPOSIT HANYA Rp.20.000
    KAMU SEMUA SUDAH BISA BERMAIN 7 GAME SEKALIGUS
    INFO
    BBM: D8B82A86
    LINE: zoya_qq
    WA: +85515370075
    "CERITA SEX: http://69zoya.blogspot.co.id/2017/11/bercinta-dengan-pacar-di-dalam-rumah.html

    BalasHapus