Senin, 05 September 2011

Nostalgia Ala Bocah Kampoeng

Hiruk pikuk kota besar selalu identik dengan tingkat stress yang tinggi, lalu pernahkah Anda terbayang untuk mendambakan tempat wisata yang membuat Anda bernostalgia menjadi orang kampung saat masa kecil dahulu ?

Kawasan wisata HB Garden Guesthouse Desa Cinangneng, Bogor, Jawa Barat bisa menjadi pilihan, karena di tempat ini menawarkan konsep yang berbeda dibandingkan tempat wisata alam lainnya. Berbekal dengan keindahan panorama Gunung Salak, hamparan padi sawah yang menguning, udara yang sejuk dan gemericik air sungai yang mengalir mengelilingi kawasan sekitar desa.

Desa wisata kampung Cinangneng ini mulai dikenalkan sebagai tempat pariwisata sejak tahun 1999. Hingga sekarang, kawasan wisata ini menjadi salah satu tempat andalan Kabupaten Bogor sebagai “Penggerak Pariwisata Pedesaan” yang secara resmi diberikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, I Gede Ardhika pada tahun 2004.  

Desa kecil yang terletak di sebelah timur Kota Bogor ini pun, masih kental dengan berbagai macam kegiatan tradisional khas Jawa Barat. Salah satunya terkenal dengan kesenian wayang yang terbuat dari daun singkong. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa mencoba berbagai macam kegiatan yang bertemakan orang desa. Misalnya seperti memandikan kerbau di pinggir sungai, menanam padi, menjaring ikan di sungai dan belajar tari Jaipong khas Sunda.

Ada yang unik dari kawasan wisata ini, yakni ruang penginapan yang menyatu dengan alam terbuka dan masing-masing kamar dilengkapi dengan teras yang bernuansa desa. Hamparan kebun dan petak-petak padi menjadi cirri khas dari tempat wisata ini. Ketika pagi hari anda bisa merasakan udara sejuk dan berbagai macam kicauan burung yang betengger pada tumbuhan di sekitar. Sedangkan saat malam tiba, anda bisa mendengar bisikan jangkrik dan gemericik air sungai Cinangneng yang deras.

Tidak hanya konsep wisata alam pedesaan yang ditawarkan, di tempat ini juga anda bisa berinteraksi dengan warga pedesaan yang memiliki segudang aktivitas. Anda bisa melihat kerajinan tradisional seperti keranjang yang terbuat dai anyaman bambu serta pembuatan obor dari batok kelapa, melihat secara langsung petani bercocok tanam dan berbagai aktivitas lainnya yang tidak Anda temui di perkotaan.

Segala aktivitas yang terdapat di kawasan wisata ini, bisa menjadi alternative bagi Anda sekeluarga. Bahkan konsep yang ditwarkan, membuat anda merasakan hal yang berbeda dibandingkan tempat pariwisata dan penginapan lainnya. Anda akan merasakan suasana seperti pulang kekampung halaman dan sekaligus mengobati kerinduan saat masa kecil dahulu.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar